Kunjungan Bapak Direktur PSMK

DIREKTUR PSMK KUNJUNG KE SMK NEGERI I LABUAN BAJO

 

Selama 2 hari (27-28 Pebruari 2014),Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

( PSMK ) Kemendiknas melakukan kujungan kerja ke Labuan Bajo. Kunjungan kerja tersebut berkaitan dengan Pemantauan Penyerahan secara simbolis BSM tingkat SD, SMP, SMA/SMK se-kabupaten Manggarai Barat.

Disela kunjungan kerjanya ke Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, dia menyempatkan diri kunjung ke Pulau Rinca (hari Kamis, 27 Pebruari) untuk menyaksikan dari dekat salah satu dari 7 keajaiban dunia yaitu Komodo. Pada hari Jumat, 28 Prebuari 2014, Direktur PSMK juga berupaya menyempatkan diri untuk kunjung ke SMK Negeri I Labuan Bajo.

 

Bapak Direktur PSMK yang didampingi Bapak Teguh Widodo sesampai di SMK Negeri I Labuan Bajo diterima dengan sorak sorai tepuk tangan gembira oleh siswa siswi yang berdiri melakukan pagar betis mulai dari pintu gerbang sampai di depan ruang guru, sambil dia melambaikan dan berjabatan tangan dengan para guru dan siswa siswi .

 

Selanjutnya Kepala SMK Negeri I Labuan Bajo menghantar Bapak Direktur ke dalam ruang rapat ( Ruang Guru ). Dalam Rapat bersama dengan guru SMK Negeri I Labuan Bajo dan para Kepala SMK baik se-Kabupaten Manggarai Barat maupun Kabupaten Manggarai, dia memberikan peneguhan dan motivasi akan tugas dan pengabdian sebagai seorang guru yang digugu dan ditiru, serta memberikan penegasan akan makna sekolah unggul.

 

Direktur PSMK mengatakan bahwa makna sekolah (SMK) unggul itu harus nampak dalam 5 hal, yaitu: 1). Siswa siswi pada SMK itu harus memiliki skill sesuai dengan bidang yang ditekuninya. Agar siswa siswi memilki keterampilan maka kepada mereka perlu diberikan pelatihan dan praktik kompetensi kejuruan yang sesering mungkin baik yang dilaksanakan di sekolah maupun dunia usaha dan dunia industri (Dudi). Tanpa adanya praktik yang intensif bagi siswa, mustahil siswa memiliki ketrampilan, bahkan justru akan menghilangkan roh SMK sebagai sekolah kejuruan. 2). Bahwa sekolah unggul memiliki fasilitas komputer ( IT) yang cukup serta guru-guru dan siswa siswi memiliki kemampuan IT yang tinggi atau tidak gagap teknologi (gaptek). 3). Bahwa siswa-siswi pada sekolah unggul harus mampu menguasai bahasa asing. 4).Kewirausahaan. Sekolah unggul harus mampu menumbuhkan dan mengembangkan semangat kewirausahaan dalam diri siswa siswi melalui praktek menjual baik di sekolah maupun di luar sekolah. Dengan demikian sekolah akan mampu untuk menghasilkan wirausaha yang mandiri. 5). Sikap. Siswa siswi SMK unggul harus memiliki   sikap atau prilaku yang santun dan terpuji. Untuk memiliki sikap yang baik dan santun ini, guru tidak perlu membutuhkan investasi dan teknologi yang tinggi untuk diberikan kepada siswa. Dalam hal ini yang paling penting dilakukan guru adalah memberikan contoh yang baik kepada siswa melalui perbuatan nyata. Direktur mengatakan bahwa ketika guru memberikan contoh memungut dan membuang sampah pada tempatnya , dipastikan bahwa siswa akan berbuat yang sama. Ketika gurunya terlambat masuk kelas, siswa juga akan terlambat masuk kelas. Jadi siswa belajar dari contoh (ss)

back

SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

Saya harus menyatakan syukur kepada Tuhan dan berbangga karena SMK Negeri 1 Labuan Bajo sudah memiliki Website sendiri dengan fitur-fitur yang dapat mengakomodir semua unsur pengembangan sekolah.

Read More...

ARTIKEL

FIND US ON FACEBOOK

POLL

Pendapat anda ttg diadakannya UNAS?

 Sangat Setuju
 Setuju
 Tidak Setuju
 Sangat Tidak Setuju

 

LOKASI KAMI